Mengenal Macam-Macam Jenis Cooler Box

Cooler Box

 

Kali ini aku mau membahas tentang peralatan rumah tangga nih. Maklum lah, namanya juga udah jadi istri plus ibu. Barang mau dibahas kali ini adalah Cooler Box. Sudah tau, apa itu cooler box? Sesuai dengan namanya ya, barang ini berbentuk kotak yang fungsinya untuk menyimpan makanan atau minuman dalam suhu rendah alias dingin.


Anda pasti tak jarang melihat cooler box di penjual-penjual kaki lima digunakan untuk menyimpan bahan makanan atau minuman dalam suhu dingin. Tak jarang juga penjual es-es kekinian menggunakan cooler box untuk menyimpan es supaya tidak mudah cair. Tapi paling sering aku lihat penjual es kekinian yang pakai cooler box ini untuk menyimpan es.


Tapi perlu Anda ketahui juga kalau cooler box ini sangat berbeda dengan kulkas atau pun freezer. Jika kulkas dan freezer digunakan untuk mendinginkan atau membekukan suatu makanan, minuman atau untuk mengawetkan barang seperti darah atau obat-obatan tertentu. Sedangkan cooler box digunakan untuk menjaga suhu dingin terjaga dalam kurun waktu terntentu, karena cooler box tidak didesain menggunakan tenaga listrik atau semacamnya untuk menjaga suhu tetap dingin. Cooler box hanya mengandalkan sterofoam di bagian dalamnya untuk menjaga suhu dingin.


Ternyata, cooler box tak hanya bisa digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman. Dalam situasi dan tempat lain cooler box digunakan untuk menyimpan obat-obatan cair dan darah saat ingin dipindahkan supaya tetap terjaga di suhu tertentu.


Sebagai barang yang dibutuhkan oleh banyak orang dengan keperluan yang berbeda-beda tentunya cooler box memiliki banyak varian, entah itu ukurannya, bahannya, mereknya ataupun spesifikasinya. Bagi Anda yang berniat ingin membeli cooler box, harus tau nih beberapa jenis cooler box yang dibedakan dari bahan pembuatannya. Tentukan mana yang Anda butuhkan.


Cooler Box Plastik

Tipe pertama ini memang tipe yang paling umum digunakan oleh para pedagang makanan dan minuman dingin. Cooler box bahan plastik ini sudah tak diragukan lagi kualitasnya dalam menjaga suhu di dalamnya tetap dingin. Tak heran jika jenis ini banyak digunakan para pedagang, bahkan dari pihak pengembang pun membuat banyak inovasi pada cooler box plastik ini. Salah satunya opemberian roda supaya mudah untuk dipindahkan tanpa harus mengangkatnya.


Cooler Box Kain

Tentu Anda berfikiran bahwa kain akan dengan mudah membuat es cepat cair. Tapi kenyataannya cooler box satu ini menggunakan kain kanvas sebagai bahan utamanya tentu dengan tambahan foam yang berguna unruk membuat cooler box kain lebih praktis untuk dibawa kemana-mana tanpa takut meleleh dan bocor.


Cooler Box Logam

Sudah menjadi rahasia umum kalau logam adalah materi yang paling kuat menahan suhu panas ataupun dingin. Selain itu material logam pun pasti tahan banting. Karena itulah cooler box logam sangat direkomendasikan, tapi sayangnya cooler box logam cukup berat untuk dipindah atau dibawa kemana-mana.


Cooler Box Styrofoam

Bagi  Anda yang ingin cooler box simple dan ringan, jawabannya pakailah cooler box styrofoam. Selain ringan tentunya bahan styrofoam jauh lebih murah. Bagi Anda yang ingin memabawa cooler box untuk berpergian tentu bahan styrofoam sangat cocok, karena tidak berat dan tentunya tidak merepotkan.


Itu dia beberapa jenis cooler box yang perlu diketahui sebelum membeli.  Jadi cooler box bahan apa yang Anda butuhkan? Jangan asal beli karena lebih murah ya, kalau ternyata itu bukan yang Anda butuhkan. Semoga bermanfaat

No comments:

Powered by Blogger.