7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Membahayakan Ginjal

Gagal Ginjal
Ilustrasi Gagal Ginjal


Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang rentan mengalami kerusakan. Khususnya jika kita menerapkan gaya hidup yang tidak sehat. Sayangnya, masih banyak orang yang melakukan hal ini sehingga membuat beban kerja dari organ ini semakin meningkat. Padahal, hal ini bisa memicu datangnya penyakit yang berbahaya.


Berbagai kebiasaan tidak sehat bagi ginjal

Pakar kesehatan menyebut ginjal yang sudah mulai rusak atau terkena penyakit akan tidak bisa berfungsi dengan semestinya. Hal ini tentu akan membuat berbagai macam racun di dalam tubuh semakin menumpuk dan akhirnya berimbas buruk pada kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.


Berikut adalah berbagai kebiasaan tidak sehat yang bisa membahayakan ginjal kita.


1. Sering mengonsumsi makanan tinggi garam

Makanan dengan kandungan garam yang tinggi tak hanya bisa kita temukan di masakan yang dibuat sendiri atau di tempat makan. Dalam realitanya ada banyak sekali makanan kemasan yang juga tinggi garam seperti keripik, biskuit, dan lain-lain. Sayangnya, kita tidak menyadarinya karena rasanya belum tentu asin.


Tak hanya bisa meningkatkan tekanan darah. Makanan tinggi garam juga bisa membebani ginjal dan akhirnya menurunkan fungsinya dengan signifikan. Bahkan, pakar kesehatan James Simon dari Cleveland Clinic menyebut hobi mengonsumsi makanan tinggi garam bisa memicu peningkatan risiko terkena batu ginjal.


Demi menjaga kondisi tubuh, pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi asupan garam maksimal 2.300 mg saja setiap hari.


2. Malas memeriksa tekanan darah secara teratur

Tekanan darah memiliki pengaruh besar bagi kondisi ginjal secara keseluruhan. Jika kita mengalami masalah tekanan darah tinggi yang tak terkendali, maka hal ini bisa memicu kerusakan pada pembuluh darah yang ada pada ginjal dan akhirnya merusak organ ini. Masalahnya adalah banyak orang yang bahkan tidak menyadari dirinya mengalami masalah tekanan darah tinggi karena tidak pernah memeriksakannya.


Pastikan untuk rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah setidaknya setahun dua kali demi mengetahui kondisi tekanan darah dalam tubuh dan menerapkan gaya hidup sehat demi menjaga keseimbangannya.


3. Masih merokok

Rokok bisa memberikan dampak kesehatan yang sangat besar bagi hampir semua bagian dan organ tubuh. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam memicu peningkatan tekanan darah dan merusak pembuluh darah, termasuk yang ada di ginjal. Sebuah penelitian membuktikan bahwa hobi merokok hingga 16 tahun lamanya bisa meningkatkan risiko kanker ginjal hingga 40 persen!


4. Kurang minum

Tak hanya akan menyebabkan rasa haus atau dehidrasi, kurang minum juga bisa meningkatkan risiko kerusakan ginjal dengan signifikan. Hal ini disebabkan oleh ginjal yang harus bekerja dengan keras untuk menyaring darah yang jauh lebih kental akibat tidak seimbangnya cairan tubuh. Hal inilah yang kemudian akhirnya menurunkan fungsinya dengan signifikan.


5. Sembarangan minum obat

Sembarangan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit tanpa memperhatikan dosis atau saran dokter bisa memicu kerusakan ginjal. Konsumsi obat-obatan dalam jangka panjang tanpa pengawasan dokter juga bisa menyebabkan hal yang sama. Hal ini disebabkan oleh ginjal yang harus bekerja dengan keras demi mengolah obat-obatan ini sehingga akhirnya rentan mengalami kerusakan.


6. Kurang tidur

Kurang tidur akan membuat ginjal menjadi lebih tegang dan tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Hal ini akhirnya bisa berimbas pada kerusakan organ ini dengan signifikan.


7. Hobi mengonsumsi alkohol

Tak hanya bisa menyebabkan kerusakan atau penyakit pada hati, hobi mengonsumsi minuman beralkohol bisa meningkatkan risiko terkena penyakit ginjal kronis hingga dua kali lipat!


Nah itulah 7 kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal. Biasakan pola hidup sehat supaya kita semua tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, khususnya kerusakan ginjal atau yang biasa kita kenal dengan sebutan gagal ginjal. Semoga bermanfaat.

18 comments:

  1. Sering mengkonsumsi air putih sangat baik untuk kesehatan, tidak hanya ginjal saja namun juga untuk seluruh tubuh. Jadi semangat deh minum air putih minimal 2 liter setiap hari

    ReplyDelete
  2. kalau masalah ginjal ini yang paling sederhana memang banyak minum air putih. aku kalau dirumah suka diejek ngabisin air, karena minum air putihnya banyak banget. Tapi aku rebus sendiri gak pakai air galon, lebih seger

    ReplyDelete
  3. Nah, aku pun sudah lama membiasakan diri untuk mengonsumsi air mineral 1 hingga 1.5 liter per hari dan kurangi garam. Memang sih biasanya akan sering ke belakang, hehe... tapi nggak masalah kalau selama di rumah dan demi kesehatan juga, kan.

    ReplyDelete
  4. Saya baru tahu nih kalau Kurang Tidur bisa menyebabkan Batu ginjal. Harus kurang Tidur malam2 nih Saya.

    ReplyDelete
  5. Rupanya biskuit juga mengandung garam sehingga nggak baik juga ya kalau dikonsumsi berlebihan.

    Nah kurang minum dan kurang tidur ini nih yang kadang jadi masalah yang disepelekan kebanyakan orang. Minum air putih kan ya.

    ReplyDelete
  6. info berguna ini. Saya baru tahu kalau kebanyakan mengkonsumsi garam ternyata juga bisa berpengaruh terhadap kinerja ginjal. Gak kebayang deh kalau ginjal jadi rusak.

    ReplyDelete
  7. Saya selalu menerapkan, lebih baik mencegah daripada mengobati, Mbak. jadi beberapa poin di atas, saya menghindari. Seperti garam berlebihan, tidak merokok, apalagi minum minumal beralkohol.

    Poin lainnya harus rajin. Rajin cek, rajin minum air putih. juga diusahakan olahraga.

    ReplyDelete
  8. Dari semua poin di atas, ada beberapa yang kadang aku lakuin dan lagi diusahain untuk gak gitu lagi, khususnya yang kurang tidur itu huhu. Poin nomer 5 juga aku baru tahu sekarang, dan untungnya sampai sekarang belum pernah sembarangan minum obat tanpa resep dokter.

    ReplyDelete
  9. Kayaknya yang paling susah bagiku itu menghindari makanan tinggi garam :D Di mana-mana ketemu camilan dan penganan asin gurih yang lezatos banget. Alhamdulillah, 2 minggu lalu cek tensi masih normal. Tapi iya sih, udah harus lebih disiplin diet rendah garam biar tetap sehat.

    ReplyDelete
  10. Nah masalah kurang tidur dan kurang minum ini dulu pernah bikin hasil medical check up jadi tegang.. untungnya masih bs diatasi dengan mengubah pola hidup dan berolahraga

    ReplyDelete
  11. Sejak baca beberapa artikel tentang gagal ginjal aku sekarang jadi agak rajin minum air putih mbak. Biasanya malas banget soalnya.

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah bukan perokok dan mengkonsumsi air putih emang Penting Banget buat kesehatan tubuh kita ya mbak. Yang perti selalu terapkan pola hidup sehat.

    ReplyDelete
  13. Ginjal emang mesti disayang-sayang ya Kak.. banyak banyak minum air putih dan jangan sampe kena gagal ginjal ya.. huhuhuhu. Makasi infonya Kak..

    ReplyDelete
  14. ah iya, beberapa waktu lalu suamiku kena gejala batu ginjal karena kurang minum
    emang harus dijaga benar benar ginjal ini

    ReplyDelete
  15. harus sering" minum sih agar ginjalnya tidak rusak

    ReplyDelete
  16. Ya Allah banyak banget ya ternyata hal-hal yang nggak kita sadari membahayakan ginjal kita kak. Perbanyak minum air putih sama kurang tidur aku nih. Makasih udah diingatkan kak

    ReplyDelete
  17. Nggak sekedar minum ya, minum sambil duduk itu lebih menyehatkan ginjal daripada minum sambil berdiri. Sesuai dengan adab kesopanan dan sunah juga jadinya ya.

    ReplyDelete
  18. https://doktersehat.com/kebiasaan-membahayakan-ginjal/

    ReplyDelete

Powered by Blogger.