Monday, 12 April 2021

Cara Mudah Bayar Pajak Badan Online Dari Klikpajak.id

Bayar Pajak Online

Pajak yang dibayarkan masyarakat Indonesia adalah sumber utama pendapatan Negara untuk pembangunan berskala nasional. Pemerintah harus memenuhi target yang sudah ditentukan setiap tahunnya demi lancarnya pembangunan bangsa baik segi ekonomi, infrastruktur dan segala macam hal yang harus dipenuhi Negara kepada rakyatnya termasuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Oleh karena itulah Direktorat Jenderal Pajak demi mempermudah para wajib pajak akhirnya melaunching program bayar pajak online. Bayar pajak perorangan dan bayar pajak badan online pun bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.


Para wajib pajak harus tahu manfaat pajak tentu sangatlah besar, sebagai penghasilan utama Negara tentu memiliki kontribusi besar pula dalam membangun negeri. Beberapa penggunaan pajak yang sering direalisasikan oleh pemerintah diantaranya:

  1. Pajak yang disetorkan perorangan maupun badan usaha digunakan untuk membiayai pengeluaran Negara yang bersifat liquidating, contohnya untuk membiayai pengeluaran proyek produksi barang ekspor demi terpenuhinya kebutuhan pangan masyarakat.
  2. Uang hasil pajak juga digunakan untuk kepentingan pengeluaran Negara yang bersifat produktif seperti membangun infrastruktur, memenuhi anggaran pendidikan, kesehatan, pertanian dan lainnya. 
  3. Uang pajak juga digunakan pengeluaran non-produktif dan non self liquidating tetapi memiliki manfaat bagi masyarakat. Contohnya untuk pembiayaan pembangunan atau pengelolaan tempat rekreasi.
  4. Uang pajak pun digunakan untuk pengeluaran yang bersifat non produktif namun bermanfaat dan berguna untuk Negara. Contohnya penggunaan pajak untuk membeli persenjataan Negara untuk memperkuat pertahanan Negara dan juga untuk memberikan bantuan social bagi msyarakat yang membutuhkan.

Dengan mudahnya sistempembayaran pajak saat ini seharusnya para wajib pajak bisa lebih taat membayar pajak. Karena uang pajak yang dibayarkan sejatinya akan kembali kepada masyarakat juga seperti pembangunan fasilitas umum, sekolah gratis, subsidi, infrastruktur dan masih banyak manfaat lainnya.


Seiring perkembangan zaman pemerintah sudah memberikan sarana untuk memudahkan wajib pajak dalam membayar pajak secara online. Bayar pajak badan online ataupun perorangan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa antri di kantor pajak.


Belum tahu cara bayar pajak badan online? dalam artikel ini akan membahas tentang tata cara bayar pajak badan secara online. simak baik-baik penjelasannya.


Hal pertama yang harus dilakukan wajib pajak jika ingin melakukan transaksi bayar pajak secara online adalah mendapatkan E-Billing. Cara mendapatkan Kode Billing yakni:

  • Menginput data setoran pajak yang akan diayarkan.
  • Menginput data harus atas nama dan NPWP sendiri, atau atas nama NPWP wajib pajak lain sehubungan dengan kewajiban sebagai pemotong pajak.
  • Masuk pada system E-Billing dengan memasukkan User ID dan Password dengan akun yang masih aktif.
  • Kemudian ikuti petunjuk selanjutnya hingga pembuatan kode billing berhasil.

Langkah kedua setelah mendapatkan E-Billing Anda bisa melakukan pembayaran dengan 2 cara:

  • Mendatangi teller Bank/Pos persepsi dengan menyerahkan surat setoran pajak atau surat setoran pajak PPB.
  • Atau bisa juga melakukan pembayaran melalui layanan produk atau aplikasi system yang sudah terhubung resmi dengan system E-Billing Direktorat Jenderal Pajak seperti Klikpajak.id.

Alur Bayar Pajak Online
Walau kedua cara diatas sudah dilakukan secara ternyata praktek di lapangan pembayaran melalui bank atau pos persepsi masih terbilang rumit karena harus melewati beberapa prosedur bank atau pos persepsi. Karena itulah pada artikel ini saya menyarankan bagi yang ingin bayar pajak badan online bisa membayarkannya melalui klikpajak.id.


Jika Anda membayar pajak online melalui klikpajak.id, selain Anda akan mendapatkan kode billing pada aplikasi klikpajak, Anda juga dapat langsung membayar pajak melalui virtual account bank tanpa berpindah platform. 


Sangat mudah bukan? Sistem E-Billing akan membimbing Anda mengisi SSP elektronik dengan benar sesuai dengan transaksi yang Anda inginkan. Bahkan Anda jiga bisa membuat kode billing untuk semua jenis kode akun oajak dank ode jenis setoran pajak dengan sangat mudah dantentunya tanpa dipungut biaya alias gratis.


Setelah pembayaran melalui virtual account selesai Anda akan mendapatkan bukti penerimaan elektrinik resmi dari Direktorat Jenderal Pajak.


Sangat mudah dan simple bukan bayar pajak badan online di klikpajak.id? bisa dilakukan dimanapun kapanpun tanpa antri panjang dan panas-panasan di jalan. Semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments