Jangan Asal Kirim Uang keluar Negeri, Berikut Kiat Bisnis Impor untuk Pemula

G:\Janu\images - 2021-02-03T213613.687.jpeg
https://unsplash.com/s/photos/lots-of-money 


Siapa bilang bisnis impor hanya untuk kalangan tertentu, kamu bisa jadi importir sukses dengan usaha keras. Tapi sebelum terjun ke dunia bisnis internasional, penting untuk memahami bagaimana transaksi jual beli dilakukan. Paling sederhananya kamu harus tahu cara kirim uang ke luar negeri untuk membayar supplier

Transaksi uang antar negara tidak sama dengan transfer di dalam negeri. Salah satu sebabnya adalah perbedaan mata uang dan kebijakan negara masing-masing. Untuk melakukan transaksi kamu harus melakukan transfer uang dalam bentuk valuta asing (valas) atau dikenal juga dengan istilah remittance.

Masih bingung? Berikut penjelasan yang bisa kamu pelajari:

  • Jenis mata uang berbeda

Setiap negara memiliki mata uang berbeda yang berlaku di negara tersebut. Karena itu pengiriman uang antar negara membutuhkan proses yang berbeda sebab ada pula perbedaan nilai setiap mata uang dibandingkan mata uang lain. Maka pengiriman uang ke luar negeri dapat dilakukan dalam bentuk valas. Layanan ini banyak disediakan oleh perusahaan jasa keuangan.

Penting pula untuk memperhatikan nilai tukar mata uang, sebab nilai tukar mata uang tiap negara berbeda. Kamu harus update kurs mata uang yang bisa berubah setiap harinya.

  • Memilih jasa remittance

Karena membutuhkan layanan untuk melakukan transaksi antar negara, kamu harus menggunakan remittance. Ada banyak penawaran remittance yang ditawarkan, jadi kamu harus pintar memilih yang paling cocok, aman dan terpercaya. Beberapa pertimbangan dalam memilih jasa transfer valas adalah kemudahan dalam proses pengiriman, lokasi kantor cabang, bentuk layanan yang diberikan bisa jadi pertimbangan. 

Pertimbangan berikutnya dalam memilih layanan transfer valas mulai dari durasi pengiriman hingga uang sampai ada penerima. Kecepatan proses ini juga sebagai jaminan keamanan dana kamu. Pilih juga remittance yang mendukung pengiriman ke berbagai negara, khususnya negara tujuan kamu atau tempat supplier berasal. Terakhir perhatikan pula biaya transfer yang dibebankan kepada kamu.

  • Pelajari lagi tentang ilmu ekonomi

Kamu pasti ingat dalam pelajaran ekonomi di sekolah sudah diajarkan apa saja yang bisa membuat nilai mata uang sebuah negara berubah. Pengetahuan ini penting untuk kamu yang ingin menjadi importir sukses. Berbagai dasar ilmu ekonomi tersebut dapat membantu kamu menghindari kerugian dalam berbisnis.

Jika kamu telah memahami sistem keuangan untuk melakukan bisnis jual beli antar negara, kamu sudah memiliki modal setidaknya tidak melakukan kesalahan dasar. Selebihnya tentu masih banyak yang harus dipelajari selain sistem pembayaran.

Transaksi remittance melalui digibank transfer valas, Aman Terpercaya

Jika kamu masih bingung dalam memilih layanan jasa transfer valas untuk transfer uang ke luar negeri untuk bisnis impor, pilih digibank transfer valas dari digibank by DBS. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, penasaran? Simak berbagai keuntungan transfer valas dengan digibank sebagai berikut:

  • Akses 24/7 tanpa harus ke cabang. Tinggal klik langsung dari Aplikasi digibank by DBS.
  • Gratis biaya transfer ke lebih dari 20 negara, dengan 7 mata uang, USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, GDP.
  • FX Rate terkini dan juara, dengan nilai tukar yang kompetitif membuat transfer jadi ringan.
  • Sampai di hari yang sama, setiap transaksi yang dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan.

Cara transfer uang ke luar negeri  dengan digibank transfer valas

Proses kirim uang ke luar negeri dengan digibank transfer valas dapat dilakukan menggunakan Aplikasi digibank by DBS sangat mudah. Namun pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi dan aktivasi akun. Selanjutnya ikuti langkah berikut:

  • Pilih menu transfer, lalu transfer valas. 
  • Klik menu ‘tambah penerima’ dan ikuti petunjuk selanjutnya.
  • Pilih negara tujuan transfer valas yang hendak Anda lakukan.
  • Pilih mata uang yang ingin Anda pergunakan untuk transaksi.
  • Pilihlah jenis bank dan juga isi data detail dari penerima
  • Terakhir, memasukkan jumlah nominal yang hendak Anda transfer, klik “Lanjut” dan selesaikan transaksi kamu lakukan. 
Tidak ada lagi kesulitan sebab kirim uang ke luar negeri dapat diselesaikan dalam enam langkah, transfer valas keluar negeri kamu telah selesai. Transfer valas jadi cepat dan aman, bisnis pun kian lancar.

No comments:

Powered by Blogger.