Saturday, 28 December 2019

4 Persiapan Agar Mudik Aman dan Nyaman Meski Mengajak Anak

Mudik Nyaman Bersama Anak
Mudik memang menjadi momen yang menyenangkan karena Anda akan bertemu dengan keluarga besar di kampung halaman. Namun, perjalanan mudik yang jauh juga membuat Anda harus benar-benar mengecek semua persiapan agar bisa melaksanakan mudik aman dan nyaman sampai tujuan. Terlebih bagi Anda yang mudik dengan membawa bayi atau balita. 

Persiapan mudik dengan membawa si kecil tentu berbeda dengan persiapan mudik yang hanya bersama orang dewasa. Ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan agar anak Anda tetap merasa nyaman selama perjalanan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Pilih waktu yang tepat

Sesuaikan jadwal perjalanan mudik dengan jadwal kebiasaan anak, misalnya dengan jam tidur siang anak. Dengan ini, anak bisa tertidur saat di perjalanan dan mencegahnya dari rasa bosan.

2. Siapkan makanan dan perlengkapan

Sebenarnya baik Anda mudik bersama anak-anak ataupun tidak, Anda tetap harus benar-benar mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan agar perjalanan mudik tetap aman dan nyaman sampai tujuan. Ketika Anda membawa anak-anak, bawalah perlengkapan tambahan seperti baby car seat agar si kecil bisa lebih nyaman selama di perjalanan. 

Anda juga perlu membawa bekal makanan yang cukup agar tidak perlu repot mencari- penjual makanan ketika  anak merengek minta makanan.  

3. Siapkan mainan favorit si kecil

Perjalanan yang cukup panjang akan membuat anak Anda cenderung bosan. Oleh karena itu, Anda memerlukan pengalihan rasa bosan yang dirasakan oleh anak. Jadi, jangan lupa untuk membawa satu atau dua mainan kesukaan si kecil. Membawa mainan  dapat menjadi cara yang cukup efektif untuk mengembalikan mood anak.

4. Sering beristirahat

Ketika mudik membawa anak bayi atau balita, Anda memang akan menghabiskan waktu lebih lama dibandingkan saat Anda mudik sendiri. Pertama, Anda harus memperhatikan kecepatan kendaraan agar tetap dalam jarak aman dan membuat anak-anak tetap merasa nyaman. 

Kedua, Anda mungkin perlu lebih sering berhenti dan beristirahat. Berada di dalam kendaraan untuk waktu yang cukup panjang membuat anak-anak bosan dan kemudian  rewel. Ketika anak mulai rewel, menepilah sejenak dan ajak anak keluar mobil agar anak dapat merasakan udara luar kendaraan sejenak.

Bagi sebagian orang, mudik membawa anak bayi atau balita memang terkesan merepotkan. Namun, dengan persiapan yang baik, mudik yang aman dan nyaman dengan si kecil bisa Anda lakukandan perjalanan pun akan terasa menyenangkan.

No comments:
Write comments