Wednesday, 10 October 2018

6 Tips Ampuh Mencegah Asma Kambuh Ketika Berolahraga

Jogging sehat
Asma, pembaca sekalian tentu sudah tidak asing dengan penyakit satu ini bukan? Yaa, asma adalah penyakit pernafasan kronis yang menyerang seseorang dalam jangka panjang. Bagi seorang yang memiliki penyakit asma tentu akan sangat menyebalkan, karena penyakit ini sering datang tiba-tiba tanpa ada alarm yang membuat para penderitanya harus sangat hati-hati setiap akan beraktifitas. Bukan hanya karena menghirup debu-debu kotor tapi banyak faktor lainnya yang menyebabkan penyakit satu ini sering kambuh. Salah satunya adalah ketika tubuh merasa kelelahan.

Sehingga setiap berobat atau priksa ke dojter tentu saran paling utama adalah tidak menguras energi atau aktifitas lain yang membuat badan lelah karena ditakutkan penyakit asmanya akan kambuh seketika itu.

Lantas bagaimana dengan olahraga? Banyak penderita asma menghindari aktifitas satu ini karena takut penyakit asmanya kambuh, hal inilah yang mmebuat para penderita asma tidak mau berolahraga sehingga mwmbuat kondisi tubuh mereka semakin tidak sehat karena tidak pernah digerakkan untuk berolahraga meregangkan dan melatih otot tubuh.

Untuk menjawab keluhan para penderita asma, kali ini saya akan memberikan beberapa tips ampuh  mencegah asma kambuh supaya para pendetita asma bisa berolahraga seperti orang-orang biasanya. Mau tau? Simak tips berikut ini ya:

1. Memakai masker

Hal pertama yang harus And alakukan adalah menggunakan masker ketika berolahraga, sebab penderita asma tidak bisa terkena debu sedikit saja karena akan mengakibatkan kambuhnya penyakit asma, karena itulah bagi penderita asma sangat dianjurkan untuk menggunakan masker ketika berolahraga.

2. Memakai jaket

Setelah menggunakan masker, And aperlu menggunakan jaket untuk mnejaga supaya suhu tubuh tetap terasa hangat. Karena ketika suhu panas dalam tubuh merendah akan membuat penderita asma kambuh. Hal ini disebabkan ketika suhu tubuh terasa dingin maka akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga asma akanlangsung kambuh.

3. Pilih olahraga yang tepat

Para penderita asma harus pintar-pintar memilih jenis olahraga yang akan dirutininya, sebab ketika tubuh sangat lelah maka asma akan menyerang dengan sangat dahsyat sehingga membuat Anda akan kapok melakukan olahraga di pengalaman pertama Anda berolahraga. Jadi sangat disarankan memili olahraga yang ringan-ringan saja asalkan tubuh bergerak seperti bersepeda, jalan santai atau jika ingin lebih santai Anda bisa pilih yoga.

4. Pemanasan 

Ketika Anda sudah memilih dan menyiapkan semua hal di atas tentu hal pertama yang harus dilakukan adlaah pemanasan. Banyak orang meremehkan dan melupakan pemanasan padahal ini adalah hal yang sangat penting ketika hendak berolahraga. Terlebih lagi bagi orang yang sangat jarang berolahraga perlu pemanasan terlebih dahulu supaya tuvuh tidak terkejut ketika sudah melakukan olahraga inti. 

5. Perbanyak minum air putih

Bagi para pengindap penyakit asma air putih adalah segalanya, karena penderita asma harus sering-sering meminum air putih untuk melancarkan saluran nafas dan paru-paru tapi perlu diingat bahwa yang Anda harus minum adalah air putih biasa bukan air putih dingin dan minumlah sedikit-sedikit supaya pernafasan Anda tidak terganggu.

6. Siapkan obat dan alat

Hal terakhir yang harus Anda siapkan ketika ingin berolahraga adalah obat dan alat untuk meredam penyakit asma yakni inhaler. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga, walaupun sudah berolahraga dengan hati-hati, penyakit asma bisa saja tiba-tiba muncul tanpa adanya alarm pemberitahuan.

Itulah beberapa tips jitu agar terhindar dari kambuhnya penyakit asma ketika berolahraga, walaupun tidak 100%  terhindar dari kambuhnya penyakit asma tapi apa salahnya mencobanya bukan. Salam olahraga dan selamat mencoba.

No comments:
Write comments