Monday, 27 August 2018

Cara Tepat Menyikapi Investasi Asing di Indonesia

Cara menyikapi investasi asing di Indonesia
Investasi asing di Indonesia bukan lagi sesuatu yang aneh di negara kita. Kita sudah sering menemukan investor asing menanamkan modal mereka di Indonesia. Investasi asing ini bisa ditemukan dalam berbagai bidang industri mulai dari pariwisata, pertambangan, dan lain sebagainya. 

Negara Indonesia memiliki wilayah yang terbentang luas dari Sabang sampai Merauke. Di setiap wilayah di Indonesia bisa ditemukan kekayaan sumber daya alam yang sangat beragam. Jadi, bukan hal yang aneh sebenarnya kalau kita menemukan banyak investor asing berinvestasi di Indonesia. 

Namun, pernahkah anda berpikir bahwa kondisi ini memberikan dampak bagi negara kita sendiri? Entah dampak negatif atau positif, tentu saja akan ada dampak yang terjadi. Tinggal bagaimana kita bisa menyikapi banyaknya investasi asing di negara kita tersebut. Lalu, sebenarnya cara seperti apa yang bisa kita lakukan untuk menyikapi investasi asing yang muncul di Indonesia?

Menyikapi Investasi Asing

Investasi asing di Indonesia muncul tanpa bisa dikendalikan dengan mudah. Oleh karena itu, agar tidak menimbulkan efek yang negatif maka kita harus bisa menyikapinya dengan cara yang positif dan bijak. Berikut adalah beberapa tips untuk menyikapi investasi asing di Indonesia :

1. Banyak Belajar

Banyaknya investasi asing yang dilakukan di Indonesia justru membuka peluang besar bagi kita untuk belajar banyak hal. Kita bisa memperluas wawasan dengan mempelajari sistem, teknologi, atau apapun yang berhubungan dengan investasi asing yang dilakukan.

Sebagai contoh, untuk investasi di bidang teknologi, kita bisa belajar banyak hal mengenai teknologi yang dihadirkan. Ini menjadi kesempatan bagi kita untuk banyak belajar dan meningkatkan kemampuan diri sehingga kita bisa memanfaatkannya dengan baik di masa depan nanti.

2. Memaksimalkan Potensi

Ketika ada banyak investor asing datang ke Indonesia, maka datanglah kesempatan bagi kita untuk memaksimalkan potensi yang kita miliki. Jangan hanya puas sebagai penonton saja, kita juga harus berusaha agar kemampuan atau potensi kita bisa dilirik oleh investor asing.

Sebagai contoh, jika kita memaksimalkan potensi diri maka bisa jadi investor asing akan menggunakan tenaga kita dari Indonesia. Selain itu, kita juga bisa menghasilkan produk-produk yang mendukung proses produksi sehingga perusahaan asing bisa mendapatkan bahan langsung dari negara kita.

3. Jadikan Sebagai Motor Penggerak Pembangunan

Kehadiran investor asing di negara kita tidak selamanya menjadi ancaman. Justru sebaliknya, mereka bisa menjadi motor penggerak pembangunan di negara kita. Dengan begitu maka investasi asing tidak akan merugikan negara kita melainkan malah memberikan banyak keuntungan.

4. Mengawal Investasi Asing

Sebagai warga negara Indonesia, kita tidak harus diam saja melihat banyak investor asing berinvestasi di negara kita. Namun, kita juga tidak harus menentang kehadiran investor asing. Yang bisa kita lakukan adalah mengawal investasi asing yang dilakukan di negara kita.

Jika ada hal-hal yang dirasa merugikan wilayah negara kita maka sudah sebaiknya kita mengambil tindakan. Namun, jika semua baik-baik saja, kita harus bisa mengambil sisi positif dan berusaha semaksimal mungkin untuk menjadikan investasi asing sebagai bagian dari pembangunan negara kita sendiri.

Itulah tadi beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menyikapi munculnya investasi asing di Indonesia. Pada dasarnya apapun bisa memberikan dampak yang positif jika kita menyikapinya dengan cara yang benar. Begitu juga dengan kehadiran investor asing di Indonesia, jika kita menyikapi dengan bijak maka kehadiran mereka akan memberikan hal yang positif bagi negara kita.

No comments:
Write comments