Tuesday, 28 August 2018

5 Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih Secara Rutin

Manfaat bawang putih
Bawang putih, siapa yang tidak tau dengan bawang putih? Sangat keterlaluan jika anak bangsa indonesia khususnya jawa tidak tau dengan bumbu dapur satu ini. Bumbu wajib dalam setiap masakan ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat, selain memberikan rasa sedap pada masakan dan aroma yang membuat liur menetes ternyata memiliki segudang manfaat lainnya untuk kesehatan. 
Kali ini saya akan membahas beberapa manfaat yang didapat setelah mengkonsumsi bawang putih bagi kesehatan tubuh. Berikut ini manfaatnya silahkan simak baik-baik:

1. Mencegah kanker

Bawang putih mengandung senyawa sulfur yang diyakini memiliki efek pada setiap tahap pembentukan kanker. Senyawa sulfur ini bisa mempengaruhi proses pertumbuhan kanker sehingga kanker yang ada tidak jadi terbentuk. Hal ini juga disebabkankandungan PhIP yang ada dalam bawang putih sehingga zat anima heterosikli yang dapat memicu kanker payudara pada perempuan akan dihambat perkembangannya dan diubah menjadi karsinogen oleh zat diallyl sulfida.

2. Mengobati infeksi paru-paru

Bagi Anda yang tervonis mengidap infeksi paru-paru rajin-rajinlah mengkonsumsi bawang putih setiap hari, setidaknya Anda harus mengkonsumsi 2 siung bawang putih dalam sehari. Sebab sifat anti bakteri dan anti mikroba dalam bawang putih akan melawan kuman dan mikroba yang menjadi penyebab infeksi pada paru-paru.

3. Menurunkan kolesterol jahat

Rutin mengkonsumsi bawang putih setiap hari dapat meningkatkan produksi insulin pada tubuh dan juga secara signifikan dapat memangkas kolesterol jahat hingga 15%, yang menyebabkan kolesterol jahat dalam tubuh cepat berkurang, tapi tak perlu hawatir karena bawang putih tidak akan mempengaruhi kolesterol baik dalam tubuh selama di konsumsi sesuai kadarnya.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bawang putih mengandung anti oksidan dan allicin yang cukup tinggi, kedua senyawa ini memiliki manfaat menurunkan tekanan darah tinggi dengan melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh dan menyehatkan arteri pada tubuh.

5. Membantu menurunkan berat badan

Mengkonsumsi bawang putih akan meningkatkan metabolisme dalam tubuh yang menyebabkan lemak yang menumpuk dalam tubuh di bagian tertentu akan berkurang karena kini anda mempunyai sistem metabolisme dalam tubuh yang semakin kuat, tapi tentunya jika ingin mengurangi berat badan bukan hanya mengkonsumsi bawang putih saja tentu harus dibarengi dengan pola makan yang sehat dan olah raga yang teratur.

Nah itulah sedikit ringkasan tentang khasiat yang didapatkan dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin bagi kesehatan tubuh kita. Sayangilah tubuhmu jangan rusak tubuhmu, jangan biarkan penyakit-penyakit mematikan menyerang tubuhmu. Lindungilah dan jaga tubuhmu baik-baik karena kesehatan itu mahal harganya.

No comments:
Write comments