Tuesday, 28 August 2018

3 Tips Supaya Selamat Dari Berita Hoax

SAY NO TO HOAX
Masalah hoax atau berita bohong akhir-akhir ini menjadi momok  yang sangat menakutkan bagi masyarakat modern karena semua berita bisa disebar melalui jejaring sosial yang ada ataupun berbagai macam platform lainnya seperti blog bahkan youtube. Hal semacam ini bukan hanya momok bagi masyarakat Indonesia saja tetapi ini sudah menjadi momok bagi masyarakat seluruh dunia. Berbagai cara untuk mengatasinya telah banyak didiskusikan oleh banyak pihak termasuk pemerintah Negara Indonesia. 

Pertanyaannya, Mengapa hoax menjadi momok yang sangat menakutkan saat ini? Hal ini disebabkan berita-berita hoax yang beredar saat ini bukan sekedar berita receh tapi berita-berita dengan nada propokatif dan tentunya ujaran kebencian. Karena itulah hoax menjadi virus yang sangat bahaya bagi masyarakat.

Selain itu berita hoax biasanya memuat kepentingan-kepentingan beberapa pihak yang ingin menggiring opini publik lewat media sosial yang tentu saja memancing perang di dunia maya. Lalu bagaimana caranya supaya terhindar dari berita-berita hoax? Nah kali ini saya akan membagikan beberapa tips supaya terhindar dari berita hoax. Simak baik-baik:

1. Klarifikasi

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menerima berita adalah mencari klarifikasi dari pihak terkait langsung dari sumber yang terpercaya dengan data-data yang valid tentunya, dengan meminta atau mencari klarifikasi dari pihak terpercaya maka Anda boleh menerima dan mencerna berita tersebut.

2. Menghidupkan nalar

Bernalar adalah proses berfikir yang sistematis untuk memperoleh kesimpulan atau pengetahuan yang dapat bersifat ilmiah dan tidak ilmiah. Dengan mencerna berita dengan nalar yang sehat dan sudah diklarifikasi tentu Anda akan mendapatkan berita yang benar bukanlah berita hoax.

3. Jauhi akun fake

Hal terakhir yang harus Anda lakukan ketika mendapatkan berita adalah perhatikan akun yang memposting berita tersebut, apakah akun resmi atau hanyalah akun fake atau akun anonim yang tidak jelas siapa pemiliknya dan berita yang mereka posting tidak jelas sumber datanya.

Nah itulah 3 hal yang harus Anda perhatikan ketika mendapatkan berita biasa ataupun berita yang sensasional. Karena semua berita harus berdasarkan data yang valid dan benar. Berita yang tidak memiliki dasar data yang kuat dan meyakinkan bisa dikatakan berita hoax. Mari berhati-hati ketika berseluncur mencari berita di dunia maya jadilah masyarakat yang cerdas dan SAY NO TO HOAX.

No comments:
Write comments