Monday, 16 July 2018

Tips Mudah Mengenali Kepribadian Anak Dengan Mengetahui Karakteristiknya

Tips mudah mengenali kepribadian anak
Setiap orang dilahirkan dalam keadaan satu paket penuh, bukan hanya dengan anggota tubuh yang nampak saja namun kepribadian, sifat dan hal lainnya pun sudah ada sejak mereka dilahirkan. Dengan adanya sifat dan kepribadian yang ada inilah ayah dan bunda bisa mengetahui apakah si bayi penakut ataupun pemberani ketika mimik wajahnya berubah ataupun ayah bunda bisa mengetahui kapan anak ini siap untuk duduk, merangkak bahkan berjalan melalui indikasi yang diberikan oleh sang buah hati yang tentunya sudah menerapkan pola asuh anak yang baik.

Hal tersebut hanya sebagian kecil dari sifat dan karakteristik anak, masih banyak hal-hal lain yang perlu ayah bunda ketahui untuk mengetahui karakteristik yang dimiliki buah hati Anda. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa setiap anak memulai kehidupannya dengan warisan. Sifat dan karakter warisan yang di bawa si kecil akan membuatnya berada dalam satu dari tiga kategori: easy, slow to warm up dan challengeing baby.

Tapi perlu ayah bunda ketahui hal tersebut akan semakin berpotensi mendapatkan hasil positif jika Anda mengetahui karakteristik buah hati Anda dari awal. Terkadangan karakter dan sifat anak akan terlihat menonjol sehingga mudah diketahui tapi tak jarang juga karakteristik dan sifatnya susah diketahui karena tidak menonjol.

Pada artikel kali ini saya akan membantu ayah bunda mengetahui beberapa karakteristik anak yang nantinya bisa ayah bunda kembangkan sendiri untuk menggali potensi positif dari buah hati Anda. Silahkan cermati baik-baik supaya tidak keliru ya ayah bunda:

1. Sanguinis

Anak yang memiliki kepribadian sanguinis biasanya akan energik, ramah, selalu terlihat ceria dan suka memotivasi orang yang ada di sekitarnya. Anak sanguinis biasanya cenderung mencari perhatian, dukungan dan pengakuan dari orang-orang yang ada di sekitar mereka.

Tak cukup disitu anak sanguinis juga anak aktif memulai pembicaraan, memiliki sifat yang sangat optimis dengan apa yang dia lakukan dan ucapkan serta sangat friendly atau sangat mudah berteman dengan siapapun. Namun dari segala kelebihan yang sudah disebutkan anak sanguinis juga memiliki beberapa kekurangan yang harus di atasi diantaranya mereka sangat emosional, memiliki pola yang tidak teratur dalam melakukan aktifitas dan sangat sensitif dengan apa yang orang sekelilingnya fikirkan tentang dirinya.

2. Melankolis

Anak dengan kepribadian ini cenderung pendiam, pemikir dan perfeksionis. Sifat perfeksionisnya ini bagaikan dua mata pedang yang pertama mereka akan menyelesaikan tugas yang diberikan tepat pada waktunya dan yang kedua mereka anak pesimis, kritis dan sering kecewa dengan hasil yang ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi yang mereka bayangkan di awal.

Anak melankolis juga sangat membutuhkan kepekaan dan dukungan dari orang lain supaya sifat pesimis dan kecewanya tidak berdampak buruk pada perkembangannya.

3. Plegmatis

Anak plegmatis sangat berbeda dengan anak-anak lainnya sebab mereka akan selalu merasa cukup dengan apa yang mereka miliki, sederhana, suka mencari kedamaian dan terkadang sulit untuk bergaul dengan orang di sekitarnya. Bagi ayah bunda tentu akan menganggap bahwa anak plegmatis akan sulit berkembang dibandingka anak lainnya, namun jika anak plegmais diasuh dengan pola asuh anak yang baik tentu akan sangat tangkas. Sebab anak plegmatis sebenarna sangat memperhatikan sekelilingnya dan mengamati setiap gerak-gerik orang disekelilingnya yang membuatnya dipenuhi dengan pengetahuan lain yang tak dimiliki anak tipe lainnya.

4. Koleris

Anak koleris bisa dikatakan kebalikan dari anak plegmatis. Sebab anak koleris cenderung tegas dan berorientasi pada tujuan dan dapat mengatur sebuah tindakan dengan cepat serta anak koleris akan cenderung mencari penghargaan dari orang-orang disekelilingnya.

Anak bertipe koleris sangatlah menyukai tantangan, jadi jika ayah bunda memiliki anak koleris berilah tantangan supaya anak Anda akan cepat berkembang dibandingkan anak lainnya. Bahkan bisa dikatakan jika anak koleris mendapatkan pola asuh anak yang baik akan menjadi anak yang sangat kompeten,fokus, disiplin dan mampu menjadi pemimpin yang baik di masa depan.

Nah itulah 4 kepribadian anak yang harus ayah bunda ketahui sejak dini supaya Anda dapat memilih pola asuh anak yang tepat sehingga tidak menyia-nyiakan bakat yang dimilikinya. Semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments