Saturday, 26 May 2018

Membandingkan AC Gree 05MOO Dengan AC Samsung AR05KRFLAWKN

Hai para pembaca setia zona informasi, Kali ini saya akan membahas tentang perbandingan kualitas, kelebihan serta kekurangan 2 tipe AC dari 2 perusahaan AC besar dunia yakni AC Gree 05MOO yang dikeluarkan oleh perusahaan Gree Electric Appliances dengan AC Samsung AR05KRFLAWKN yang dikeluarkan dari perusahaan Samsung. Jika Anda pengamat alat-alat elektronik khususnya AC tentu sudah tahu kalau kedua AC ini merupakan AC Split dengan ukuran 1/2PK.

Ketika saya ingin membahas perbandingan 2 brand AC ini, tebakan saya pasti lebih bagus AC dengan merek Samsung karena memang sudah ternama dan sepakterjalnya salam dunia elektronik sudah dikenal dunia dengan kualitasnya yang bagus tapi ternyata tebakan saya ini terbantahkan dengan semua bukti yang saya dapatkan dari berbagai macam sumber referensi. Dalam perbandingan 2 AC ini saya akan membagi ke dalam beberapa kategori, yuk simak baik-baik

Kapasitas pendingin

Kapasitas pendingin AC Gree 05MOO ini mampu mendinginkan ruangan dengan waktu 2 menit saja, dengan kapasitas pendinginnya yang besar yakni 5.323 BTU/h tak heran jika AC Gree 05MOO ini jauh lebih unggul dibandingkan dengan AC Samsung AR05KRFLAWKN yang hanya memiliki kapasitas pendingin 4.850 BTU/h

Daya listrik

Dalam hal daya listrik AC Samsung AR05KRFLAWKN lebih unggul karena daya listriknya hanya 400 watt sedangkan AC Gree 05MOO memiliki daya listrik 500 watt.

Tingkat kebisingan

Pada umumnya AC standard dunia memiliki tingkat kebisingan 27dB, namun AC Gree 05MOO ini berada di level 25dB yang artinya AC Gree berhasil menciptakan rekor baru dalam dunia AC dunia yang menjadikannya AC yang paling sunyi dan tenang bagi kehidupan sehari-hari penggunanya jika dibandingkan dengan AC sekelasnya. Sedangkan AC Samsung AR05KRFLAWKN masih sama dengan standard tingkat kebisingan pada umumnya yakni 27dB.

Unit outdoor

1. AC Gree 05MOO memiliki electrical box yang berfungsi melindungi komponen elektrikal, sehingga komponen elektrikal tetap aman saat terpapar panas kompresor saat unit AC sedang beroperasi, sementara AC Samsung AR05KRFLAWKN tidak memiliki electrical box

2. AC Gree 05MOO memiliki lapisan soundproof dan dilengkapi noise filter pada kompresor yang gunanya untuk meredam bunyi ketika sedang beroperasi, sedangkan AC Samsung AR05KRFLAWKN tidak memiliki dua hal ini pada unit outdoornya.

 

3. Kondensor AC Gree 05MOO dilapisi dengan Gold fin untuk melindungi dari korosi karat serta membantu proses pertukaran panas sehingga membuat AC menjadi lebih awet, sedangkan AC Samsung AR05KRFLAWKN tidak dilapisi dengan lapisan apapun sehingga sangat rawan berkarat.
 

Unit indoor

1. Evaporator kedua unit ini dilapisi dengan blue fin yang melindungi dari korosi, karat, jamur dan mempercepat tetesan air ke bawah selama proses kondensasi dan menjadikan unit lebih awet.

2. AC Gree 05MOO memiliki LED display untuk mengindikasi temperature, mode dan kode eror. LED Display milik AC Samsung AR05KRFLAWKN hanya menampilkan temperatur dan mode saja.

3. Unit indoor AC Gree 05MOO dilengkapi dengan desain yang menyerupai sisir pada bagian outlet udata yang dapat melancarkan hembusan udara menjadi sunyi dengan jarak jangkauan angin yang jauh, sedangkan desain AC Samsung AR05KRFLAWKN merupakan desain standard pada AC sehingga bunyi kipas blower tidak memiliki peredam.

4. Kedua unit ini memiliki electrical box dimana AC Gree 05MOO menggunakan bahan logam secara keseluruhan dan AC Samsung AR05KRFLAWKN menggunakan bahan plastik daur ulang pada bagian dalamnya, walaupun pada bagian luar dilapisi oleh bahan logam.
 


5. Filter kedua unit ini terbuat dari bahan premiun dan memiliki rongga yang lebih rapat dan awet.

Nah itulah data valid yang saya dapatkan dari berbagai macam sumber, ternyata dari data yang sudah tersajikan AC Gree 05MOO lebih unggul dalam banyak hal dibandingkan AC Samsung AR05KRFLAWKN. Jadi tebakan saya di awal tentang dua type AC ini salah besar. Walaupun merek AC Gree belum terlalu terdengar di pasar Indonesia jika dibandingkan dengan merek Samsung, ternyata AC Gree sudah terkenal di seluruh dunia. Event-event besar dunia seperti Winter olympic Games 2014, Rio Olympic 2016, sampai FIFA World Cup 2018 di Russia, dll menggunakan AC Gree pada venuenya. Jadi hasil akhir dari perbandingannya adalah AC Gree 05MOO lebih unggul. Perlu diingat pembaca sekalian bahwa produk yang lebih populer belum tentu lebih unggul. Semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments