Sunday, 25 February 2018

Mendaftarkan BPJS Kesehatan untuk Ibu Hamil

Mendaftarkan BPJS kesehatan untuk ibu hamil
Persalinan adalah hal yang membutuhkan banyak persiapan. Dengan persiapan yang matang, maka Anda bisa dengan nyaman melakukan proses persalinan. Persiapan ini juga meliputi persiapan untuk melahirkan dengan BPJS kesehatan.

BPJS bisa menjadi solusi tepat bagi Anda yang ingin meminimalisir biaya melahirkan. Lagi pula tidak dapat dipungkiri jika biaya persalinan ini cukup menguras saldo tabungan Anda. Beruntung apabila Anda melakukan persalinan normal, karena biayanya lebih terjangkau. Namun untuk Anda yang terpaksa harus melahirkan secara operasi maka biaya yang dibutuhkan jauh lebih besar.

Mendaftarkan BPJS kesehatan untuk ibu hamil ini pun tidak bisa dilakukan secara mendadak atau saat sudah mendekati HPL. Mengingat proses pendaftaran BPJS ini membutuhkan waktu dan syarat-syarat tertentu, maka akan lebih baik apabila Anda dan pasangan memprioritaskan untuk segera mendaftar supaya nanti bisa melahirkan dengan BPJS kesehatan.

Inilah alasan mengapa Anda disarankan untuk segera mendaftarkan bpjs kesehatan untuk ibu hamil.

Ibu hamil memperoleh layanan selama kehamilan

Saat Anda positif hamil, maka dokter akan menyarankan untuk lebih banyak istirahat dan mengurangi aktivitas-aktivitas yang berat. Ini bertujuan untuk menjaga janin dalam kandungan. Terlebih pada awal kehamilan janin masih sangat lemah. Nah, dengan menjadi peserta BPJS ini Anda akan mendapatkan layanan selama kehamilan.

Jadi sepanjang masa kehamilan Anda bisa memeriksakan kandungan secara rutin tanpa perlu mengkhawatirkan biayanya. Hal ini karena BPJS-lah yang akan menanggung semua bentuk layanan kehamilan yang dibutuhkan.

Ibu hamil bisa melakukan USG dan ditanggung BPJS

USG bukan serta merta dilakukan hanya karena Anda penasaran dengan kelamin janin yang tengah dikandung. Lebih dari itu USG ini merupakan bentuk layanan medis yang sengaja dilakukan untuk memastikan bahwa janin dalam kondisi baik. Sama seperti layanan kehamilan lainnya, USG juga membutuhkan biaya. Namun apabila Anda sudah mendaftar BPJS, urusan biaya tidak perlu dipikirkan lagi.

Meski begitu BPJS sendiri juga menerapkan beberapa ketentuan, yakni;

USG akan ditanggung oleh BPJS apabila selama masa kehamilan kandungan Anda bermasalah dan memungkinkan akan menimbulkan resiko kesehatan untuk Anda dan bayi. Dalam kasus ini dokter akan merekomendasikan Anda untuk melakukan USG. 

Namun sebaliknya, USG tidak akan ditanggung oleh BPJS apabila USG ini dilakukan karena keinginan pribadi Anda. Jadi, dalam hal ini Anda harus mengeluarkan dana pribadi.

Ibu hamil mendapatkan layanan persalinan

Melahirkan dengan BPJS kesehatan harus dilakukan di instansi kesehatan yang telah menjalin kerjasama dengan BPJS. Seperti puskesmas, dokter keluarga maupun klinik. Namun pada kondisi tertentu bisa jadi Anda memiliki keluhan lain yang mungkin tidak bisa ditangani oleh tenaga medis Faskes Tingkat Pertama sehingga mengharuskan Anda untuk melakukan persalinan di RS. 

Ketika Anda berada pada situasi tersebut, biasanya BPJS akan memberi rujukan agar Anda bisa mendapatkan tindakan medis di RS terkait. Tapi ketentuan ini tidak kaku, dalam artian saat ada kondisi darurat Anda bisa langsung menuju Faskes Tingkat Kedua tanpa perlu meminta rujukan dari BPJS.

Ibu hamil memperoleh layanan persalinan caesar

Semua ibu hamil ingin melahirkan secara normal. Akan tetapi kadang operasi caesar adalah solusi terbaik. Melahirkan dengan BPJS kesehatan akan diberikan oleh BPJS tapi harus mempertimbangkan beberapa hal terlebih dulu.

Jadi, operasi caesar akan ditanggung BPJS apabila dokter yang menangani Anda menyarankan untuk melakukan operasi caesar dengan alasan kesehatan atau keselamatan ibu dan bayi. Sedangkan operasi caesar ini tidak akan ditanggung BPJS apabila operasi ini dipilih atau dilakukan atas dasar keinginan pribadi Anda.

Demikianlah alasan mengapa Anda harus segera mendaftarkan BPJS untuk ibu hamil. Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan didapatkan. Lakukan upaya terbaik untuk Anda dan calon buah hati, salah satunya adalah dengan mendaftarkan BPJS untuk ibu hamil.

No comments:
Write comments