Sabtu, 23 September 2017

Peralatan Yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung

Perlengkapan Mendaki Lengkap
Mendaki gunung bagi sebagian orang adalah hal yang harus dihindari bahkan sebagian orang menganggap olahraga ini tak layak untuk dilakukan sebab dianggap terlalu banyaki bahaya yang akan menghadang dan sewaktu-waktu bisa terjadi seperti runtuhnya bebetuan, badai angin dan air serta banyak hal lainnya yang tak bisa diprediksi. Bahkan saya sebagai pendaki pernah meminta izin kepada orang tua ketika hendak mendaki dan langsung dijawab “tak usah mendaki-mendaki lagi, bahaya! banyak orang meninggal dunia gara-gara mendaki.” Sejak saat itulah ketika hendak mendaki saya tidak bilang ke orang tua namun setelah turun gunung baru saya memberitahu kedua orang tua (jangan dicontoh ya kawan).

Pendakian memang bukan hal yang mudah seperti yang terlihat di film-film begitu mudah dan nyamannya mereka mendaki gunung. Namun kenyataannya setiap pendakian memiliki ceritanya sendiri-sendiri baik suka maupun duka. Itulah warna-warni perjalan pendakian yang tentu akan selalu dikenang hingga akhir hayat walaupun pahit namun nikmat bagaikan kopi.
Sebuh pendakian tentu tidak akan dilakukan tanpa persiapan, sebab persiapan yang matang dalam pendakian adalah tanda kesiapan dan kesuksesan dalam pendakian. Jadi bagi setiap pendaki jangan sampai meremehkan persipaan sebelum mendaki. Berikut ini adalah perlengkapan yang harus dimiliki oleh setiap individu adventurer ketika ingin mendaki sebuah gunung.

1. Pakaian untuk mendaki

Pakaian mendaki gunung tentu sangat berbeda dengan pakaian yang selalu Anda gunakan sehari-hari. Ketika mendaki Anda akan merasakan dinginnya udara gunung yang sangat menusuk tulang jadi Anda harus menyaipkan segala hal yang bisa membuat tubuh Anda  bisa tetap hangat. Misalnya Anda harus membawa jaket gunung, buff, kaos kaki dan benda lainnya yang dirasa bisa membuat tubuh Anda nyaman selama pendakian.

2. Alas kaki untuk mendaki

Ketika ingin mendaki sebuah gunung carilah informsi terkait gunung yang ingin didaki sehingga tahu bagaimana trek yang akan ditempuh sehingga tahu alas kaki yang dibuthkan itu sepatu gunung atau sandal gunung. Jika dirasa treknya mudah dan tidak becek maka tentu lebih nyaman menggunakan sendal gunung tapi kembali pada pribadi pendaki masing-masing, boleh pilih manapun asalkan nyaman dan aman. Kalau saya sendiri sih liat trek yang akan ditempuh jika gunungnya seperti gunung vanderman di malang cukup pakai sendal gunung saja sudah cukup.

3. Alat navigasi

Mendaki bukanlah perkara mudah yang hanya mengikuti jalan setapak yang sudah ada. Sebab tidak semua jalan setapak yang ada adalah jalan yang benar. Saya mengatakan hal semacam ini sebab sudah pernah merasakan sendiri ketika mendaki dan tidak membawa alat navigasi apapun dan hanya mengikuti jalan yang ada tapi hasilnya tim saya tersesat hingga 9 jam di tengah-tengah gunung dan itu terjadi ketika saya pertama mendaki gunung tepatnya di gunung ungaran kota semarang. Jadi sebagai pelajaran siapkan alat navigasi dengan matang, bawa kompas, peta gunung dan altimeter. Dan pastikan dalam satu tim Anda ada orang yang bisa menggunakan alat navigasi tersebut.

4. Logistik

Mendaki sebuah gunung tentu membutuhkan banyak energi oleh karenanya pastikan membawa logistik yang cukup untuk memenuhi energi Anda selamamendaki. Menyiapkan logistik bukanlah yang mudah sebab kita harsu memperkirakan berbagai macam hal seperti jumlah tim, perkiraan waktu tempuh naik dan turun gunung serta keadaan-keadaan yang sekiranya bisa terjadi ketika pendakian. Dan pastikan Anda membawa gula merah atau gula jawa di tas selempang Anda. Sebab itu akan sering dikeluarkan dan masukkan kembali selama pendakian. Karena gula jawa  sangat membatu untuk menambah energi para pendaki.

5. Perlengkapan camp

Mendaki tentu bukan melulu jalan dari basecamp sampai puncak tentu ada saatnya Anda ngecamp di tengah-tenagh hutan. Jadi pastikan tim Anda membawa tenda yang cukup untuk semua orang berteduh. Dan bagi setiap individu harus membawa sleeping bag danmatras untuk alas dan tempat tidur supaya tidak merasa kedinginan ketika beristirahat. Sebab ketika tidur tentu udara dingin akan terasa amat menusuk tulang karena badan kita yang berhenti beraktivitas.

Nah itulah segala hal yang harus dibawa selama ingin melakukan pendakian. Jadi pastikan semua itu sudah siap semuanya dan setelah itu bolehlah Anda melakukan pendakian.salam pecinta alam.

Tidak ada komentar:
Write komentar