Sabtu, 23 September 2017

Hal Yang Wajib Disiapkan Sebelum Mendaki Gunung

Pendaki Gunung
Banyak orang mengangap mendaki gunung adalah hal yang sia-sia dan tak berguna, selain membuang waktu, kedinginan, buat tidur ga enak, kelelehan, resiko berat yang harus dihadapi dan segala macam hal-hal yang tidak enak. Tak sedikit pula cerita-cerita tentang meninggalnya pendaki gunung baik yang pemula ataupun yang sudah profesional karena berbagai macam hal. Seperti jatuh ke jurang, kedinginan, tertimpa reruntuhan batu dan banyak sebab lainnya. Bagi para adventurer mendaki adalah hal yang sangat mengasikkan dan menyenangkan. Menyusuri hutan rimba, melewati jalan-jalan yang terjal, mendaki gunung, menikmati udara alam bebas dan segala macamnya. Dengan mendaki maka Anda akan mendapatkan pemandangan alam yang tergelar luar biasa indahnya dan hanya bisa dinikmati ketika sudah mencapai puncak gunung tapi sesampainya dipuncak Anda bisa menikmatinya sepuasnya.

Tentu sebelum melakukan ekspedisi pendakian harus ada perlengkapan dan peralatan yang harus disiapkan dengan sebaik-baiknya baik fisik maupun perbekalan lainnya. Berikut akan saya berikan informasi terkait perbekalan apa saja yang haris disipkan oleh para pendaki gunung, antara lain.

1. Alat navigasi

Bagi para pendaki alat navigasi adalah alat yang paling urgen, sebab tanpa alat navigasi tentu mereka tidaka akn tahu arah kemana menuju ke puncak gunung, jalan mana yang harus ditempuh. Macam-macam alat navigasi yang harus dibawa adalah, kompas, peta lokasi pendakian dan altimeter. Jadi seorang pendaki tidak cukup hanya punya badan yang segar dan kuat tapi harus mampi menggunakan alat navigasi paling tidak ada satu atau dua orang dalam satu kelompok yang faham tentang navigasi supaya tidak tersesat saat pendakian.

2. Perlengkapan pendakian

Ketika hendak mendaki tentu harus menyaipkan berbagai macam peralatan terutama peralatan pribadi mulai dari penutup kepala hingga penutup kali. Jadi siapkanlah jaket gunung yang sudah masuk standar pendakian, kemudian kaos tangan, sepatu gunung atau sandal gunung sesuai selera dan trek yang akan ditempuh, senter dan baterai, tenda, sleeping bag, tas carier dan tas selempang. Semua itu sangat berfungsi ketika dalam pendakian.

3. Logistik

Hal penting lainnya adalah logistik, perkirakan berapa lama Anda akan mendaki sebuah gunung, sehingga logistik yang diperlukan cukup selama pendakian. Alangkah baiknya jika menyiaokan logistik Anda melebihkannya supaya tidak akan kekurangan ketika mendaki.

4. Bawalah peralatan medis

Dalam sebuah pendakian tentu Anda tidak tahu bahaya dan rintangan apa yang akan menghadang Anda, entah jalur yang dipenuhi tanaman berduri atau jalanan yang licin bahkan jalanan berbatu. Jadi siapkanlah segala hal untuk menanggulanginya yakni dengan perlengkapan P3K. Mulai dari obat merah, hansaplat, kain perban dan segala macamnya.

5. Berdiskusi dengan ahli

Ketika ingin melakukan ekspedisi jangan pernah sungkan untuk melakukan diskusi dengan orang yang sudah berpengalaman supaya ketika mendaki Anda sudah betul-betul siap menerima berbagai macam keadaan darurat. Seraplah semua ilmu dari para orang yang sudah berpengalaman. Diskusikan segala macam hal yang dikira bisa saja terjadi dalam pendakian.

Nah itulah beberapa hal yang harus Anda siapkan ketika mendaki, jika Anda sudah menyiapkan semuanya dengan baik tandanya Anda sudah siap mendaki sepenuhnya. Namun jika sebaliknya, Anda meremehkan persiapan pendakian tandanya Anda sudah sipa gagal ditengah ekspedisi Anda. Selamat bersenang-senang.

Tidak ada komentar:
Write komentar