Kamis, 24 Agustus 2017

Mengenal Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi 6 Bulan


Bunda, sudah tahukah Anda tentang informasi apa sajakah perkembangan bayi 6 bulan? Mungkin waktu terasa amat lambat ketika mengasuh bayi ketika baru lahir hingga berumur 6 bulan, tapi tentunya masa-masa itu sangatlah indah dan membahagiakan bagi ayah dan bunda ketika melihat pertumbuhan si bayi mulai dari hari lahir hingga berumur 6 bulan. Mulai dari bayi hanya bisa nangis sampai akhirnya bayi mencoba berkomunikasi dengan bahasanya kepada Anda, tentu itu hal yang sangat membahagiakan bagi semua ayah dan bunda.

Rasa kagum tentu akan muncul di benak ayah dan bunda ketika melihat tahap-tahap pertumbuhan sang buah hati, terlebih lagi ketika si bayi mencoba berkomunikasi dengan Anda meskipun dengan bahasa yang belum tentu Anda fahami tapi masa-masa itulah yang sering membuat para ayah dan bunda kangen dan ingin mengulang kembali masa-masa itu.

Pada usia 6 bulan, bayi sudah mulai banyak perkembangan diantaranya adalah sudah diperbolehkan mengkonsumsi makanan padat, sudah mulai belajar berkomunikasi dengan orang-orang disekitarnya dan masih ada beberapa perkembangan lainnya yang harus ayah dan bunda ketahui.
Kali ini untuk menjawab rasa ingin tahu ayah dan bunda tentang perkembangan bayi 6 bulan, saya akan memeberikan informasi mengenai perkembangan apa saja yang akan terjadi ketika bayi berusia 6 bulan yang perlu ayah dan bunda ketahui. Simak baik-baik yaa.

Makanan Bayi

Pada masa ini bayi tidak hanya mendapatkan asupan gizi dari ASI bunda saja tapi saat bayi berusia 6 bulan sudah diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan padat yang bertujuan agar nutrisi dan gizi bayi terpenuhi tentunya dengan komposisi yang tepat tidak berlebihan. Biasanya banyak bunda ketika bayi sudah berumur 6 bulan mengawalinya dengan memberikan bubur susu sebagai makanan tambahan tapi sebenarnya selain itu bunda juga diperbolehkan memperkenalkan buah dan sayur satu persatu misalnya seperti buah pisang ataupun pepaya karena dua buah itu memang sangat mudah dicerna walaupun oleh bayi sekalipun.

Berat Badan Bayi

Tentunya setelah berumur 6 bulan berat badan bayi akan bertambah. Biasanya berat badan bayi dalam masa 6 bulan akan bertambah hingga 1,5 kg namun dalam sebuah penelitian juga dijelaskan bahwa bayi yang sudah berumur 6 bulan maka berat badannya akan naik 2 kali lipat berat badan ketika lahir. Namun jika bunda masih ragu dengan penelitian ini lebih baik bunda konsultasikan dengan dokter spesial anak kepercayaan bunda. Sehingga jika berat badannya kurang atau malah lebih sang dokter tentu akan memberikan saran terbaik bagi buah hati bunda.

Perkembangan Komunikasi Bayi

Pada usia 6 bulan sudah mulai banyak perkembangan pada bayi diantaranya adalah bayi sudah bisa tersenyum manis, bisa tertawa lepas dan juga mulai berceloteh sedikit demi sedikit. Biasanya yang diucapkan oleh bayi pada umur 6 bulan adalah mengulang-ulang kata yang sama semisal “mamamama ataupun papapapa” jika sudah bisa begitu Anda bisa mengajarinya kata-kata yang biasa digunakan sehari-hari seperti “mamam” yang berarti makan ataupun “mimi” yang berarti minum.

Perkembangan Gerakan Bayi

Bayi pada usia ini sudah bisa melakukan beberapa gerakan diantaranya adalahtengkurap,  guling kanan dan kiri lalu merangkak dan juga tak jarang bayi pada usia 6 bulan sudah bisa duduk walaupun kadang belum sempurna masih goyang kanan dan kiri dan akhirnya tertidur lagi. Tapi bagi ayah dan bunda tak perlu takut jika bayinya yang sudah berumur 6 bulan belum bisa duduk, karena perkembangan bayi biasanya memiliki tahap yang berbeda-beda.

Nah itulah perkembangan bayi pada usia 6 bulan. Apakah bayi ayah dan bunda sudah sesuai dengan hal-hal di atas? Jika belum maka jangan sungkan untuk mengkonsultasikan dengan dokter spesial anak kepercayaan Anda. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Write komentar