Jumat, 07 Juli 2017

7 Soft Skill Yang Harus Dimiliki Anak Muda Masa Kini

Ketika ditanya mengapa kau sekolah tinggi-tinggi? Sudah tentu banyak orang akan menjawab supaya pintar sehingga akan mendapatkan pekerjaan yang sudah lama diidam-idamkan. Tapi jika hanya punya otak encer saja tidaklah cukup jikaingin mendapatkan pekerjaan yang layak. Jangan hanya mengembangkan hard skill saja tapi seimbangkan dengan mengembangkan soft skill. Karena dalam kehidupan nyata dan dunia kerja kedua skill itu sangatlah dibutuhkan.


Di zaman persaingan mencari pekerjaan semakin ketat seperti sekarang ini, tentu dengan mengembangkan hard skill dan soft skill menjadi sangat penting. Demi menunjang kebutuhan standarisasi bisa masuk ke sebuah perusahaan besar ataupun membangun perususahaan Anda sendiri.

Maka dari itu saya akan sedikit menjelaskan 7 soft skill yang sangat universal dan penting yang harus Anda kuasai. Supaya Anda tidak hanya menjadi pemuda yang berpendidikan tinggi saja namun juga berkarakter kuat.

1. percaya diri

Menjadi seorang yang percaya diri bukan hanya jago publik speaking ataupun ceramah di atas mimbar. Namun menjadi seorang yang percaya diri juga berarti berani menyuarakan pendapat pribadi, akan menjadi sangat percuma bukan, jika Anda memiliki gagasan yang brilian namun tak berani mengutarakannya dalam sebuah pertemuan.

Pupuklah terus kepercayaan diri Anda mulai sekarang dengan memperbaiki body language (bahasa tubuh) dan kemampuan bersosialisasi. Dan yang harus ditanamkan jika ingin lebih percaya diri adalah janganlah takut dengan komentar-komentar yang buruk. Karena semua orang memiliki opini masing-masing. Tidak ada yang sepenuhnya benar maupun salah. Jadi Anda tak perlu memngkhawatirkan pendapat orang tentang gagasan yang ada dalam pikiran Anda.

2. Emotional Intellegence

Dalam bahasa kekiniannya adalah baper. Salah satu penyakit yang sudah menjamur dikalangan anak muda kekinian adalah baper yang berlebihan. Supaya Anda tidak terjebak dalam situasi semacam ini, Anda harus pandai-pandai mengontrol emosi supaya tidak menyulitkan diri Anda sendiri maupun lingkungan sekitar Anda.

Akan menjadi sangat lucu bukan ketika teman-teman kantor sedang hang out bareng-bareng tiba-tiba Anda nangis tanpa sebab yang berarti. Suasana hang out tentu akan berubah ketika melihat Anda menangistiba-tiba.

Selain mengontrol emosi pribadi, Anda juga harus bisa memahami perasaan orang lain di sekitar Anda. Karena bukan hanya Anda makhluk yang hidup dengan perasaan, semua orang di sekitar Anda juga memilikinya. Jadi pertimbangkanlah perasaan orang lain ketika bertindak dan berbicara.

3. komunikasi dan negoisasi

Dua kemampuan ini harus Anda miliki jika ingin mudah mendapatkan pekerjaan layak. Terlebih lagi jika Anda sudah mulai berkerja semuanya harus dikomunikasikan yang berkaitan dengan pekerjaan harus dikomunikasikan dengan partner Anda, karena banyak masalah yang berawal dari komunikasi.

Selain komunikasi, Anda juga harus menguasai kemampuan bernegoisasi. Kemampuan ini dapat membantu Anda dalam banyak hal. Baik ketika dalam berorganisasi, bersosialisasi maupun dalam hal perekonomian. bukti realnya ketika ibu-ibu yang mahir bernegoisasi berbelanja di pasar tentu akan sering mendapatkan harga yang miring. semua itu karena The power of negitiation.

4. pintar mengatur waktu

Karena kinerja Anda yang sangat baik suatu ketika Anda selalu saja dimintai ini dan itu tolong oleh dosen, orang tua, teman organisasi atau teman kampus. Lalu karena dasar nggak enak untuk menolak Anda menerima semua permintaan dari mereka tanpa berfikir bagaimana nantinya jika tak terrealisasi semua permintaannya.

Memang tidaklah salah menerima semua permintaan mereka, namun Anda harus mampu membuktikan kredibilitas Anda saat sudah menerima sema pekerjaan yang sudah dipercayakan pada Anda. Untuk mempermudah melakukan semua pekerjaan yang diminta akan lebih baik jika Anda membuat time scedjule yang jelas untuk mengatur semuanya. Jadi hasilnya akan memuaskan dan semua pekerjaan terselesaikan dengan sangat baik.

5. kepemimpinan

Masih banyak yang bertanya-tanya apakah sifat kepemimpinan dalam diri itu bawaan lahir ataupun dibentuk sendiri? Jawabannya pun masih diperdebatkan sampai sekarang. Sampai-sampai banyak penelitian tentang hal ini. Meskipun pasti ada perbedaan antara sifat kepemimpinan bawaan lahir dengan kepemimpinan yang dibentuk.

Hal utama yang harus Anda lakukan untuk mengasah soft skill ini adalah mengatur diri Anda sendiri sebelum mengatur orang lain. Selain itu Anda juga harus memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi atas semua yang Anda lakukan.

6. berfikir kritis

Maksudnya adalah Anda bisa mencerna dan memecahkan masalah dengan kreatif dan efektif. Selain itu Anda juga harus bisa menganalisa akar permasalahan dengan cepat dan tepat.

Jika Anda sudah membiasakan diri berfikir kritis sejak di bangku sekolahan tentu saat di meja kerja akan sangat mudah menganalisa dan menyelesaikan masalah yang mendadak muncul. Dan tentunya kemampuan menganalis Anda akan semakin dipertimbangkan oleh direktur perusahaan.

7. kemampuan berkerja sama

Manusia sebagai makhluk sosial tentu tidak bisa melakukukan semua pekerjaan sendirian saja dan tentu membutuhkan bantuan orang lain. Dalam sebuah wawancara kerja pun sudah barang pasti akan ditanyakan apakah Anda sanggup bekerja dalam sebuah tim?

Pokoknya kerjasama tim ini tidak hanya dalam mengerjakan proyek besar, semua tugas harus dikerjakan dengan bersama. Kuncinya adalah Anda harus bisa menjaga keharmonisan dan kekolektifan dalam tim Anda. Karena dalam sebuah tim yang paling penting adalah membuang jauh-jauh sifat egois. Hormati pekerjaan dan pendapat orang lain.

Nah itulah 7 soft skill yang harus Anda miliki. Jadi intinya soft skill tidaklah bisa dipelajari dari nol seperti halnya hard skill, soft skill hanya bisa tumbuh dari diri Anda dan sisanya pilihan Anda, apakah akan membiarkannya atau Anda akan memupuknya.

0 komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com