Sabtu, 01 Juli 2017

Mencegah Inveksi Virus Ransomeware PETYA


Belum hilang di benak masyarakat dunia tentang serangan global oleh virus ransomware wannacry pada bulan Mei lalu, kali ini terjadi lagi di beberapa belahan dunia Eropa, Amerika Serikat dan Asia selatan serangan serupa dari virus ransomware petya. Dua virus ini memiliki sistem penyebaran yang serupa yakni melalui link yang dikirimkan melalui email.

Namun dampak buruk dari kedua virus tersebut berbeda tipis. Ransomware wannacry menyerang pada file-file saja yang ada pada komputer, sedangkan ransomware petya menyerang system bahkan jika komputer telah terinfeksi virus petya maka akan me-reboot paksa komputer dan akan mengenskripsi harddisk porsi bukan file terpisah.

Jika hal itu sudah terjadi maka komputer Anda tidak akan bisa digunakan. Setiap Anda menyalakan komputer Anda maka akan ada pemberitahuan tentang permintaan uang tebusan atas file yang ada di komputer Anda. Dampak paling buruknya adalah komputer Anda sama sekali tidak bisa digunakan selama virus itu  belum dihilangkan.

Pemerintah indonesia melalui kemenkominfo menghimbau kepada seluruh masyarakat pengguna komputer agar waspada terhadap serangan virus berbahaya ini. Selain menghimbau untuk waspada, kemenkominfo pun memberikan beberapa tips agar komputer Anda terbebas dari serangan virus petya ini. Berikut rincian cara agar terhindar dari virus ransomware petya.

  1. Cabutlah kabel LAN atau sambungan internet pada komputer untuk sementara hingga semuanya sudah dipastikan aman.
  2. Membacjup semua data penting lalu simpan di storage eksternal.
  3. Gunakan sistem operasi orisinil pada komputer serta tak lupa harus selalu terupdate setiap waktu.
  4. Pasanglah antivirus ataupun antimalware dan perbarui terus secara berkala.
  5. Gunakan kata sandi yang aman yang lakukan perubahan secara berkala pula.

Menurut mentri komunikasi dan infoemasi, serangan virus ini sudah menginfeksi sekitar 200 ribu komputer di kawasan Eropa dan Asia Selatan. Penyerangan ini pun ditargetkan pada lembaga penting di pemerintahan, lembaga kesehatan serta lembaga-lembaga lainnya.

Jadi saya himbaukan kembali kepada masyarakat indonesia agar tetap waspada terhadap serangan virus ini. Karena virus ini datang tiba-tiba tanpa diantar. Lakukan langkah-langkah pencegahan seperti yang sudah disosialisasikan karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

1 komentar:
Write komentar
  1. Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!!
    ADU BANTENG, Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
    Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
    ONLY ON BOLAVADA
    Info lebih lanjut silahkan hubungi operator kami:
    BBM : D89CC515
    No. HP : 0812-8836-2917
    +6281297272374
    081288362917
    LINE : Bolavada
    Terima Kasih
    Bonus 10% All Games Bolavada
    FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!!
    BBM : D89CC515

    BalasHapus