Minggu, 14 Mei 2017

Cara Melindungi Laptop Dari Virus Ransoware Wannacrypt


Akhir-akhir ini dunia digemparkan oleh tersebarnya virus ransomware Wannacry di berbagai Negara, bahkan tersebarbya virus ini mempengaruhi banyak bisnis computer rumahan dalam rangka untuk mendapatkan uang bagi para penjahat. Dalam beberapa bulan terakhir ini banyak perusahaan, sekolah, rumah sakit dan banyak pengguna laptop rumahan menjadi korban dari serangan virus ransomware dan mereka mengalami mimpi buruk kehilangan arsip yang ada di laptop mereka.

Ransomware adalah virus yang membajak semua data yang ada di laptop, baik data dokumen word, excel, gambar dan  file lainnya yang disimpan di penyimpanan internal ataupuun semua drive yang terhubung seperti flashdisk dan sejenisnya. Setelah terjangkit virus ini pengguna atau korbannya tidak dapat membuka filenya karena filenya sudah terkunci oleh virus tersebut. Setelahnya aka nada informasi yang mengharuskan korban untuk membayar sejumlah uang untuk membebaskan file dari virus tersebut, jika tidak dibayarkan maka data yang ada akan hilang semuanya.

Lantas bagaimana cara untuk melindungi laptop dari serangan virus yang sangat berbahaya ini. Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk menjaga kesehatan laptop anda dari virus ini.

Pertama, backuplah data anda. Metode inilah yang paling aman untk mengurangi data di computer anda dari segala jenis kerusakan hardware ataupun software adalah melakukan bavckup secara teratur ke media lain semisal ke flashdisk ataupun hardisk eksternal dan sejenisnya dan menjaga media agar tidak terhubung ke computer terlebih dahulu.

Kedua, aktifkan system proteksi pada semua disk. Fitur protection system memberikan kesempatan untuk mengembalikan system anda ke keadaan kerja sebelumnya dan untuk mengembalikan file anda ke versi sebelumnya jika diperlukan.

Untuk mengaktifkan perlindungan sistem di semua drive komputer, anda harus melakukan langkah berikut ini:

1.Tekan “windows” + “R” untuk membuka kotak dialog Run.
2.Ketik sysdm.cpl lalu klik Enter
3.Pada tab protection system, periksa apakah perlindungan pada drive utama anda hidup?
4.Jika perlindungan off atau anda ingin melihat pengaturan perlindungan atau untuk mengaktifkan perlindungan system ke drive lain, maka:
Ø  Pilih drive yang ingin ANda aktifkan perlindungannya dan klik Configure
Ø  Menempatkan Max penggunaan slider pada 15-20% lalu klik OK.

Ketiga, pasanglah anitivirus terpercaya. Jika ingin mencari antivirus tak perlu sulit-sulit mencarinya, bukalah internet lalu cari antivirus yang anda inginkan kemudian didownload lalu install langsung. setelah terinstall maka Anda akan merasakan dampak positif dari antivirus yang anda pasang. Antivirus ini berfungsi untuk melawan virus-virus yang hendak masuk ke laptop termasuk melawan virus ransomware ini.

Setelah anda melakukan cara di atas, jangan lengah terhadap faktor lainnya karena banyak virus ransomware masuk melali email yang berisi lampiran berbahaya ataupun link HTML berbahaya. Jangan sampai lengah dan mengakibatkan laptop Anda terinfeksi virus ini.

1 komentar:

  1. makasih min tips menghindari wannacry-nya...
    sangat bermanfaat

    BalasHapus

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com