Selasa, 16 Mei 2017

Bahaya gula Bagi Kesehatan Tubuh


Sudah menjadi kodrat manusia menyukai hal-hal yang manis, termasuk gula. Tapi dari manisnya sebuah gula banyak alas an kuat yang mengharuskan kita untuk mengurangi atau bahkan sampai berhenti mengkonsumsi gula saat ini juga. Gula adalah sesuatu yang sangat adiktif dan tanpa disadari kita menjadi kecanduan dan ketergantungan terhadap gula.

Alasan yang paling kuat untuk meninggalkan konsumsi gula adalah karena kesehatan. Saat ini gula menjadi penyebab utama banyak masalah kesehatan dan sering pula menjadi faktor pendukung pada masalah kesehatan lainnya. Mengkonsumsi gula memiliki dampak yang sangat negatif pada tubuh diantaranya gula dapat melemahkan sistem imun tubuh, mengacaukan keseimbangan mineral tubuh, berkontribusi besar terhadap penyakit diabetes, osteoporosis, kerusakan pada ginjal serta dapat mempercepat proses penuaan.

Berikut ini ada beberapa alasan mengapa Anda seharusnya meninggalkan gula, silakan simak baik-baik.

Pertama, sangat adiktif. Gula adalah sesuatu yang sangat adiktif. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa gula setidaknya memiliki 8 kali lebih adiktif dari kokain. Semakin banyak dan sering An da mengkonsumsinya makan akan semakin banyak pula Anda menginginkan dan ketergantungan pada gula. Memang hal ini terdengar agak berlebihan dan cukup menakutkan tapi beginilah nyatanya.

Kedua, membuat kulit lebih cepat menua. Gula dapat mempercepat penuaan, dalam artian bahwa gula membuat proses penuaan terjadi lebih cepat. Hal ini desebabkan karena konsumsi gula yang tinggi dapat mengganggu hormmon dan mendukung banyak radikal bebas yang berperan terhadap penuaan kulit, penyakit dan lambat laun akan merusak DNA. Segera tinggalkan gula agar esok hari kulit Anda akan tampak lebih muda.

Ketiga, menambah berat badan. Gula tidak hanya menyebabkan kerusakan pada gigi tapi gula juga memberikan banyak kalori kosong pada tubuh. Jika Anda dalam program diet untuk mengurangi beberapa kilogram berat badan Anda sebaiknya tinggalkan mengkonsumsi gula. Sebaiknya jika ingin memakan yang manis-manis konsumsilah gula alami seperti manis yang berasal dari buah segar. Walapun gula dapat menambah berat badan Anda tapi hal ini justru sangat membahayakan bagi tubuh karena sangat tidak dianjurkan menambah berat badan dengan mengkonsumsi banyak gula.

Keempat, menekan sistem kekebalan tubuh. Alasan lain yang sangat penting adalah karena gula dapat menekan sistem kekebalan tubuh Anda serta membuat tubuh anda rentan terserang penyakit seperti flu dan batuk. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa  tubuh dengan PH rendah akan sangat mudah terjangkit penyakit kanker. Jadi jika Anda tidak ingin tubuh Anda menjadi sasaran berkembangnya kanker lebih baik mulai saat ini juga berhentilah mengkonsumsi gula.

Kelima, membuat anda cepat lapar. Pernahkah Anda merasa lapar setelah menghabiskan makanan Anda? Hal ini disebabkan dalam keseharian anda terlalu banyak mengkonsumsi gula. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi gula atau makanan yang memiliki kadar gula tinggi serta makanan lain yang banyak mengandung kalori-kalori kosong yang tentunya tidak dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Terakhir, merusak gerak mood. Gula dapat menyebabkan naik turunnya mood Anda. Saat mengkonsumsi gula, gula darah dalam tubuh akan melonjak tinggi kemudian kadarnya akan turun dengan cepat setelah terjadi pembakaran kalori. Hal ini mempengaruhi metabolisme tubuh, mood Anda serta kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Jadi setelah membaca kenyataan dari dampak mengkonsumsi gula berlebih masih mau banyak-banyak mengkonsumsi gula?

1 komentar:

  1. ngeri juga yaa kalo konsumsi gula berlebih, jadi takut minum teh manis...hehe

    BalasHapus

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com